Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jurusan Fakultas Hukum Yang Banyak Digemari, Kamu Tim Mana?

Apabila kamu sedang mencari informasi tentang apa saja yang dipelajari di fakultas hukum atau perbedaan jurusan hukum pidana dan perdata serta jurusan dalam fakultas hukum lainya, maka Kamu sudah menemukan artikel yang pas, karena dalam artikel ini saya akan bahas habis seputar 10 jurusan di Fakultas Hukum, jadi silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Jurusan hukum, sangat tak asing bukan ditelinga kita semua. Dari dulu jurusan hukum tak pernah sepi peminat mahasiswa baru, Fakultas Hukum selalu jadi fakultas favorit dan banyak digemari calon mahasiswa baru (MaBa). 

Namun, Tahukah kamu bahwa di dalam Fakultas Hukum itu ternyata banyak sekali jurusan hukum yang harus dipilih salah satu. 

Saya akan coba menjelaskannya lebih spesifik lagi, agar pengetahuan tentang jurusan ini  membuat kalian mahasiswa baru Fakultas Hukum semakin tertarik ketika belajar Hukum.

10 Jurusan Fakultas Hukum Yang Banyak Digemari, Kamu Tim Mana?
10 Jurusan Fakultas Hukum Yang Banyak Digemari

10 Jurusan Fakultas Hukum Yang Banyak Digemari

1. Hukum Perdata

Hukum Perdata adalah hukum yang mengatur tentang hak-hak dan kepentingan antar individu atau individu yang satu dengan yang lainya, yang penerapanya bisa dimana saja yang terdapat di dalam masyarakat dan aktifitas sehari hari manusia sebagai makhluk sosial (Zoon Politicon) kata aristoteles. 

Jurusan ini digemari banyak calon mahasiswa hukum. Mahasiswa yang memilih jurusan hukum perdata ini, nanti akan bertemu dengan mata kuliah seperti;
a. Hukum keluarga dan waris
b. Hukum perkawinan
c. Hukum perselisihan
d. Perbandingan hukum perdata
e. Hukum adat dalam perkembangan

2. Hukum Lingkungan dan Tata Ruang

Jurusan ini cukup digemari,  Hukum lingkungan adalah kesatuan aturan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain menurut Undang-Undang

Karena kalian akan berkonsentrasi di hukum lingkungan dan tata ruang ini. Tak kalah penting lainnya, kamu akan banyak belajar mengenai pelestarian lingkungan karena jurusan ini juga membahas tentang sumber daya yang ada di dalamnya sesuai UUD NKRI 1945.

Mata kuliah yang mungkin nanti kalian akan temui di jurusan ini adalah;
a. Hukum tata ruang
b. Hukum perizinan
c. Hukum keuangan negara
d. Kapita selekta hukum lingkungan
e. Hukum lingkungan internasional

3. Hukum Ekonomi

Konsentrasi hukum ekonomi dikenal juga sebagai hukum dagang. Sudah mulai terbayangkan kalau berurusan dengan ekonomi berarti akan berurusan dengan regulasi uang dan pasar.

Namun tak usah khawatir akan pusing hitung menghitung, karena bahasan di hukum ekonomi meliputi bahasan aspek legal saja kok (hitung hitung pajak mah gampang). Berikut gambaran mata kuliah kalian nanti jika masuk di jurusan hukum ekonomi:
a. Hukum ekonomi
b. Hukum perusahaan
c. Hukum jaminan
d. Hukum ekonomi internasional
e. Hukum peranan modal

4. Hukum Internasional

Hukum Internasional adalah sekumpulan aturan hukum yang mengatur tentang lintas negara. karena adanya pengaruh globalisasi dan banyaknya wilayah-wilayah yang tidak terkena jangkauan perlindungan hukum suatu negara maka perlu diatur dalam sebuah norma hukum yaitu studi tentang Hukum Internasional.

Hukum Internasional pokok bahasannya menekankan pada bahasan aspek legal saja hingga contoh daripada proses persidangan di Mahkamah Internasional. Kamu jago bahasa inggris? saya sarankan jurusan ini adalah jurusan terbaik yang akan membantu kamu dalam memahami persoalan HI yang lebih mendalam daripada yang kurang menguasai bahasa inggris.

Mata kuliah yang mungkin akan kalian jumpai nanti sebagai berikut.
a. Hukum Organisasi Internasional
b. Hukum Perjanjian Internasional
c. Hukum Udara dan Ruang Angkasa
d. Studi Kasus Hukum Internasional
e. Hukum Laut Internasional
f. Hukum Humaniter (Perang)

5. Hukum Administrasi Negara

Bagi kamu yang suka berurusan dengan penyelenggaraan pemerintah, mengatur tindakan, kegiatan, dan keputusan yang dilakukan dan diambil oleh lembaga-lembaga pemerintah dalam menjalankan roda negara sehari-hari. ini adalah jurusan yang pas untuk kamu.

Karena pemahaman kamu tentang jenjang birokrasi dan kebijakan publik harus benar-benar kinclong. Kamu akan bertemu dengan mata kuliah:
a. Hukum Administrasi Daerah
b. Hukum Perizinan
c. Hukum Keuangan Negara
d. Hukum Perencanaan dan Pengawasan Pembangunan
e. Hukum Kepegawaian 

10 Jurusan Fakultas Hukum Yang Banyak Digemari, Kamu Tim Mana?
what team are you ?

6. Hukum Tata Negara

Hampir sama dengan hukum administrasi negara, namun hukum tata negara lebih menekankan pembelajaran aturan kenegaraan yang lebih statis lagi, atau lebih pada pokok aturan itu sendiri. Pembelajaran yang akan kalian pelajari adalah lembaga kenegaraan, konstitusi, sampai pembuatan undang-undang.

Pada jurusan ini kalian harus selalu update dengan regulasi hukum terbaru yang ada di Indonesia karena sifat dari HTN ini adalah fleksibel yaitu dapat berganti ganti sesuai keadaan zaman, Pemerintah yang berkuasa, dan kepentingan politik. eitss jangan takut dulu dengan kata politik, Politik itu secara pengertianya adalah cara mencapai tujuan bernegara hanya saja oknum suka nakal ya menggunakanya atau berpolitik untuk memuaskan hasrat pribadinya.

7. Hukum Pidana

Selanjutnya yang nomor 7 adalah jurusan hukum pidana, dimana pada jurusan ini ditekankan mengenai pembahasan pada keseluruhan aturan hukum publik yaitu negara dengan warganya, yang kemudian akan menentukan perbuatan seperti apa yang dilarang dan masuk ke dalam perbuatan tindak pidana atau bukan, dan menentukan sanksi apa yang akan dijatuhkan terhadap pelanggar hukum pidana itu sendiri.

Jurusan ini sebenarnya favorit sekali karena Advokat, Hakim, Jaksa dan praktisi hukum kebanyakan berasal dari jurusan ini. Mata kuliah yang mungkin akan kalian pelajari adalah:
a. Kriminologi 
b. Hukum Pidana Internasional
c. Perbandingan Hukum Pidana
d. Hukum Pidana dan Yurisprudensi
e. Pengadilan Hukum Asasi Manusia
f. Hukum Acara Pidana

8. Hukum dan Perkembangan Masyarakat

Pembelajaran yang akan kalian dapatkan adalah hukum dan perkembangannya sesuai dengan kehidupan masyarakat dari zaman ke zaman, atau bisa disebut antropologi hukum ya.

Analisa dan dinamika masyarakat di masa modern ini akan kalian pelajari jauh lebih dalam lagi jika memilih jurusan hukum satu ini. Mata kuliah yang mungkin akan kaliah temui nanti sebagai berikut.
a. Sistem Hukum Nasional
b. Sejarah Hukum
c. Antropologi Hukum
d. Penafsiran Hukum
e. Penemuan Hukum

9. Hukum dan Teknologi

Perkembangan teknologi menjadi latar belakang dari keberadaan jurusan hukum yang satu ini. Perkembangan teknologi yang sangat pesat sekali mau tak mau harus ada hukum yang mengatur terutama media sosial yang dapat diakses semua orang tanpa batas, namun bukan itu saja sebenarnya sangat banyak cakupan dari jurusan ini sampai kepada UU ITE hatespeech dll.

Pembelajarannya kelak di jurusan ini akan menitik beratkan pada hukum yang menaungi media, teknologi dan informasi serta telekomunikasi, sampai hak atas kekayaan intelektual.

Sebagai gambaran saja, mungkin mata kuliah yang akan kalian temui nanti.
a. Hukum perdagangan secara elektronik
b. Hukum telekomunikasi
c. Hukum media

10. Hukum Acara (Peradilan)

Jurusan hukum yang satu ini lebih berfokus pada proses yang terjadi pada pengadilan atau kita anak hukum menyebutnya proses peradilan. Seperti pembuktian, etika penegak hukum hingga sampai bagaimana hakim memutus suatu perkara.

Mata kuliah yang akan kamu temui nantinya bila masuk di hukum ini.
a. Teknik pemecahan kasus
b. Perbandingan hukum acara
c. Kapita selekta hukum acara

Selain pilihan-pilihan jurusan hukum yang telah saya paparkan tadi, ada juga Fakultas Hukum di universitas lainnya yang menyediakan konsentrasi hukum yang berbeda semisal Hukum Adat, Hukum Islam, dan Hukum Pajak dan masih sangat banyak lagi. Jadi sekarang kamu akan memilih jurusan yang mana?

Oke itu tadi artikel tentang review jurusan hukum dan materi fakultas hukum, semoga setelah membaca artikel ini, wawasan kamu tentang jurusan yang ada di Fakultas Hukum jadi semakin bertambah, dan tentunya membawa manfaat positif untuk kamu khususnya calon mahasiswa baru yang bingung memilih jurusan apa dan untuk mahasiswa hukum yang akan memilih program kejurusanya. Masih bingung bisa tanya corat coret di kolom komentar ya. Sekian, dan sampai jumpa diartikel yang lainnya.

Posting Komentar untuk "10 Jurusan Fakultas Hukum Yang Banyak Digemari, Kamu Tim Mana?"